Tahap Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Aman

simak cara memandikan bayi baru lahir berikut

Baru saja melewati proses melahirkan, segelintir tugas menjadi seorang ibu sudah menanti, kadang membuat rasa cemas dan takut sering timbul. Misalnya saat harus memandikan bayi sendiri, tanpa bantuan siapa pun. Cara memandikan bayi baru lahir sekilas terlihat mudah, namun bila dibarengi dengan rasa cemas atau takut akan terasa sulit. Apa lagi khususnya bagi Anda yang benar-benar baru memiliki buah hati. Menjadi pengalaman menegangkan, sekaligus bahagia. Berikut tahap dalam memandikan bayi yang perlu dipahami.

Tahapan Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Baik dan Benar

  1. Gunakan Alas Meja Khusus

Tentunya setelah melahirkan, Anda tidak akan mudah berjongkok atau duduk lama-lama. Maka untuk memandikan si kecil, harus menggunakan alas meja khusus. Biasanya bisa dibeli di toko perlengkapan bayi dan anak, atau menyewanya. Anda juga bisa memakai meja tempat mengganti popok. Alasi agar air tidak ke mana-mana.

  1. Usap Dengan Waslap

Tahap berikutnya cara memandikan bayi baru lahir ialah mengusap mulai dari wajah, kepala, dan tubuh bayi menggunakan waslap yang sudah dicelupkan ke air hangat. Baringkan tubuh bayi, tahan dengan tangan kiri Anda, jangan sampai tengkurap di meja. Usap bagian belakang kepala dan tubuh bayi.

  1. Bersihkan Semua Bagian

Pastikan Anda membersihkan smeua bayian tubuhnya termasuk lipatan-lipatan. Serta bagian mata dan hidung. Untuk membersihkan bagian mata dan hidung, gunakan kapas lembut yang sudah dibasahi. Bersihkan pelan-pelan.

  1. Tangan dan Kaki

Lanjutkan dengan tahap bersihkan bagian tangan dan kaki. Usap telapak tangan dan kakinya dengan lembut.

  1. Tahap Terakhir

Masuk dalam tahap cara memandikan bayi baru lahir yang terakhir, bersihkan bagian kelamin dan pantatnya. Usap perlahan hingga dirasa bersih. Kemudian lap bayi dengan handuk kering, gendong ia untuk pindah ke meja atau kasur kering yang bersih.

  1. Timang-Timang dan Peluk Bayi

Anda bisa menggendong bayi Anda dengan kedua tangan, lalu peluk dan timan-timang sebentar sebelum memakaikan pakaian. Hal ini akan mempererat tali kasih antara ibu dan sang bayi. Selain itu bayi jadi lebih tenang setelah dimandikan. Berikutnya, usapkan minyak telon dan bedak pada tubuh bayi, pakaikan pakaian berbahan katun lembut. Tambahkan dengan pewangi khusus bayi agar ia merasa lebih segar.

SumberĀ https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/cara-memandikan-bayi-baru-lahir-dengan-aman

Asalkan Anda melakukannya perlahan dan tidak panik, maka proses rutin memandikan bayi tidak akan terasa sulit. Jadi, hilangkan rasa cemas atau takut memandikan bayi kecil Anda. Itu dia cara memandikan bayi baru lahir mudah, tidak perlu dikhawatirkan. Jangan lupa, lengkapi kegiatan memandikan buah hati bersama produk-produk perawatan bayi dari Zwitsal dengan bahan-bahan yang diformulasikan khusus, teruji hypoallergenic. Bayi akan lebih bersih dan segar setiap hari. Bagaimana? Mudah bukan memandikan bayi? Semoga ulasan ini membantu.