Sekarang Gaji Rp. 4.5 Juta Bebas Lapor SPT

Sekarang Gaji Rp. 4.5 Juta Bebas Lapor SPT

Tahukah Anda jika saat ini pemerintah telah mengatur atau menetapkan batas dari Penghasilan Tidak Kena Pajak, menyebutkan jika wajib pajak yang mendapatkan pendapatan atau gaji setara RP. 4.5 juta/bulan atau ditotal menjadi Rp. 54 juta/tahun tidak diperkenankan untuk membayar pajak. Meskipun bebas dari membayar pajak, Anda yang memiliki gaji dengan jumlah tersebut, tetap harus melaporkan SPT Tahunan PPh.

Direktur Pelayanan konsultan pajak jakarta, Penyuluhan serta Humas Ditjen Pajak, yakni Hestu Yoga Saksama berkta jika masyarakat yang menerima pendapatan dan masuk ke dalam kategori PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) wajib turus serta menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak di tahun sebelumnya.

Kewajiban untuk melaporkan SPT pajak bagi mereka dengan penghasilan pokok Rp. 4.5 juta/bulan akan berhenti secara otomatis bila status non efektifan telah disetujui oleh KPP. Jadi bila Anda telah mengantongi status non efektifan ini Anda tidak perlu lagi melaporkan SPT tahunan di tahun berikutnya. Namun, selagi status Anda belum non efektifan, maka otomatis Anda selaku wajib pajak berhak dan wajib melaporkan SPT Tahunan pada pemerintah.

Surat Tagihan Pajak

Dalam keadaan tertentu, Hesti Yoga mengatakan jika Kantor Pelayanan Pajak sangat mungkin menerbitkan STP (Surat Tagihan Pajak) mengingat wajib pajak tidak serta merta melaporkan SPT Tahunannya. Maka dari itu, semua wajib pajak dihimbau untuk melaporkan SPT Tahunan lantas mengisi formulir permohonan non efektifan jadi tahun depan tidak perlu lagi dipusingkan dengan pelaporan SPT Tahunan.

Status wajib pajak sudah non efektifan hanya berlaku bila KPP telah menetapkannya jadi dengan kata lain wajib pajak tidak perlu lagi lapor SPT selama pendapatannya tetap masuk ke PTKP.

Status non efektifan NPWP seseorang dari KPP sangatlah penting karena status ini yang akan membawa Anda pada kebebasan melaporkan pajak setiap tahunnya. Jadi bila Anda bekerja dan mendapatkan pendapatan sekitar Rp. 4.5 juta segera laporkan SPT Tahunan tahun lalu dan ajukan formulir untuk non efektifan pada KPP terdekat yang ada di kota Anda.