Cara Menanam Tanaman Kurma Di Indonesia

investasi-kebun-kurma-produktifSeperti yang telah kita ketahui, menanam tanaman  kurma di Indonesia bukan pekerjaan yang mudah lho. Mengapa? Karena sudah  banyak orang yang sudah melakukan penanaman kurma namun tidak berhasil.

Namun jangan salah persepsi ya, sebenarnya pohon kurma  juga  bisa ditanam di Indonesia lho. Perlu anda ketahui bahkan saat ini  sudah ada sebagian orang yang melakukan budidaya Kurma  di Indonesia yaitu salah satu contohnya yang  terdapat di kampung kurma di Jonggol, Bogor yang mana memberikan antusias tersendiri bagi masyarakat untuk berinvestasi disana.

Tidak bisa kita pungkiri  bahwa keberadaan buah kurma sangat populer dan dicari saat bulan puasa. Manfaat buah kurma sendiri memang banyak sekali lho, selain merupakan makanan yang sangat khas juga banyak orang yang memanfaatkannya untuk obat- obatan. Nah, sudah tahu kan bahwa kurma merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat.

Untuk menanam tanaman  kurma di Indonesia tersebut , ternyata  ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar pertumbuhan bibit kurma tersebut bisa maksimal yaitu diantaranya anda perlu menyiapkan biji untuk pembibitan tanaman kurma tersebut.

Nah, seperti yang kita ketahui tentu sebelum kita menanam pohon kurma, tentu penyediaan bibit unggul merupakan langkah awal yang perlu dipenuhi agar nantinya menghasilkan pohon kurma yang berkualitas pula. Bibit kurma tersebut  bisa anda dapatkan  dari biji  buah kurma yang terdapat di toko penjual kurma yang biasanya menyediakan biji untuk pembibitan kurma tersebut.

Nah, dari biji kurma yang telah anda beli  tersebut maka rendamlah dahulu sebelum ditanam. Perendaman biji kurma sebelum ditanam itu bisa memakan waktu hingga 2x 24 jam jadi anda perlu bersabar. Kemudian setelah anda melakukan proses perendaman pada biji kurma tersebut, maka langkah selanjutnya adalah simpanlah biji pada wadah.

Bagaimana wadah yang perlu anda gunakan? Yaitu usahakan wadah yang anda gunakan untuk menyimpan biji kurma memiliki kelembaban yang cukup ya agar biji kurma tersebut muncul tunas kira- kira setelah 1 minggu setelah proses penyimpankan tersebut. Setelah muncul tunas yang lumayan besar pada biji kurma itu kemudian pindahkan pada polibg atau pot besar. Nah, lalu setelah bibit kurma tersebut  tumbuh daun kira- kira mencapai setengah meter maka  pindahkan bibit kurma ke lahan atau pekarangan yang sudah disiapkan.

Perlu anda ketahui dalam penanaman buah kurma tersebut, buah kurma tidak akan berbuah jika tidak dilakukan penyerbukan, bagaimana penyerbukanya? Nah proses penyerbukan pada pohon kurma tersebut  ternyata  bisa dilakukan melalui angin dan juga serangga atau juga melakukan cara lain yang tentunya sudah anda pahami.

Perlu anda ketahui tanaman  kurma di Indonesia terkadang juga memerlukan perawatan yang cukup sulit dan tidak di semua tempat bisa tumbuh dan berbuah. Maka anda harus melakukan  perawatan yang baik ya. Cara penanaman pohon kurma yang baik tentu saja sangat diperlukan dan ketika  pohon kurma  yang anda tanam tersebut  sudah berbuah maka jangan lupa untuk melakukan perawatan yang baik.

Bagaimana caranya ? mudah kok anda bisa memberikan perawatan pohon kurma  dengan cara memberinya pupuk dan menghindarkan dari gangguan burung dan lalat. Agar pohon kurma tersebut dapat lebih tumbuh dengan baik maka anda perlu melakukan pemangkasan untuk menjaga buah kurma yang sudah besar. Jangan ragu untuk membuang buah kurma yang kecil- kecil  agar buah yang berukuran besar semakin bagus pertumbuhannya. Sekian info dari Kampung Kurma ini, semoga bermanfaat.